Pabrik Crude Palm Oil Indonesia Gunakan Perangkat Kualitas Tinggi

Geliat industri kelapa sawit tengah mendapat angin positif. Seperti yang dilaporkan oleh Kontan.co.id, harga minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) tengah mengalami tren kenaikan. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan Indonesia yang menjadi bagian dari penguasa pasar dengan sekitar 85 persen produksi minyak sawit dunia bersama dengan Malaysia.

Berdasarkan catatan Kompas.com, devisa ekspor yang dihasilkan dari produk kelapa sawit di Indonesia pada tahun 2017 pun mencapai 21,25 miliar dollar AS atau sekitar Rp 287 triliun. Tidak pelak lagi, sektor perkebunan kelapa sawit dan industri minyak sawit nasional merupakan sektor strategis yang memberikan sumbangsih besar terhadap perkonomian nasional. Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian Ir. Bambang, MM memamparkan, pada tahun 2017 lalu, produksi CPO mencapai 37,8 juta ton CPO, dan luasan perkebunan sawit saat ini mencapai 14,03 juta hektar.

Pengolahan CPO di Indonesia pun telah menggunakan perangkat dengan kualitas tinggi. Dikutip dari Sindonews.com, pada tahun 2012 PT First Lamandau Timber International, perusahaan yang berada dibawah naungan PT Triputra Agro Persada Group resmi mengoperasikan sebuah pabrik pengolahan kelapa sawit di Kalimantan Tengah yang menggunakan material stainless steel yang berkualitas tinggi juga menggunakan teknologi Vertical Sterilizer. Proses pembangunan ini juga menggunakan proses in-house design yang dampak positifnya adalah membuat proses produksi keseluruhannya menjadi lebih efisien.

Pabrik ini bisa dikatakan merupakan penyempurnaan dan inovasi dari pabrik kelapa sawit yang telah dibangun PT Triputra Agro Persada sebelumnya. Melibatkan perangkat canggih, pabrik yang dibangun untuk mengolah tandan buah segar menjadi CPO ini justru dibangun dalam waktu relatif singkat, yaitu 11 bulan.

Seperti dilaporkan Sindonews, selain penggunaan perangkat kualitas tinggi, PT First Lamandau Timber International juga menggunakan bahan baku tandan buah segar produksi masyarakat sekitar yang dibeli dengan harga yang saling menguntungkan. Hal ini menunjukkan bahwa PT Triputra Agro Persada mempunyai komitmen untuk meningkatkan taraf ekonomi di lingkungan sekitar pabrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *