Bank Indonesia Prediksi Bisnis Sawit dan CPO Berjaya di 2018

Menurut info yang didapatkan dari pihak Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu, diprediksi bahwa bisnis sawit dan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) akan berjaya di 2018.  Pasalnya, harga minyak sawit saat ini terus melonjak seiring dengan meningkatnya kebutuhan dunia. Hal ini disampaikan oleh Endang Kurnia Saputra selaku Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu, di Bengkulu.

“Berdasarkan analisa IMF dan Bank Dunia, harga minyak sawit mentah akan terus naik karena kebutuhan dunia meningkat,” kata Endang. Disebutkan Endang, sejauh ini Indonesia dan Malaysia merupakan dua negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia.

Bisnis sawit dan Crude Palm Oil di Indonesia saat ini mendapat tantangan besar, yakni kampanye negatif terhadap perkebunan kelapa sawit yang dilakukan Uni Eropa.

“Sawit dianggap perusak dan mengurangi luasan hutan (deforestasi) dan banyak lagi berita negatif. Namun itu tidak benar justru Uni Eropa malah butuh minyak kelapa sawit, kebutuhan CPO terus melonjak,” ujarnya.

Selain Uni Eropa yang terus memasok minyak sawit, negara di Asia seperti China juga akan banyak menggunakan minyak sawit dalam jumlah besar.

Sementara di Indonesia sendiri, salah satu perusahaan yang bergerak di pengelolaan perkebunan kelapa sawit adalah PT Triputra Agro Persada Group. Perusahaan yang dipimpin oleh Arif Rachmat tersebut juga merupakan salah satu pemasok terbesar CPO dan Palm Kernel Oil di Indonesia. Selain CPO dan PKO, perusahaan yang unitnya tersebar di beberapa titik region Sumatera dan Kalimantan tersebut juga memproduksi tandan buah segar (TBS) atau Fresh Fruit Bunch (FFB) serta slab.

FFB yang diproduksi PT Triputra Agro Persada Group ini telah diolah sedemikian rupa demi menghasilkan FFB atau TBS berkualitas, Perusahaan telah menetapkan dan menerapkan sistem manajemen panen yang efektif, “zero losses” policy serta kriteria panen yang tepat. Demikian seperti dilansir dari situs resminya.

Seperti diketahui, crude palm oil (CPO) merupakan minyak sawit kasar atau mentah yang merupakan hasil olahan daging buah kelapa sawit melalui
proses perebusan Tandan Buah Segar (TBS), perontokan, dan pengepresan. CPO ini
diperoleh dari bagian mesocarp buah kelapa sawit. Sedangkan palm kernel oil (PKO) dihasilkan dari inti kelapa sawit tersebut (kernel). Kedua produk ini juga dihasilkan oleh PT Triputra Agro Persada Group.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *